Tak Hanya sebagai Bumbu, Berikut Ragam Manfaat Jeruk Purut yang Wajib Kita Tahu

oleh -43 Dilihat
Ilustrasi Jeruk Purut (sumber: alodokter)
Ilustrasi Jeruk Purut (sumber: alodokter)
banner 468x60

HAYUKABOGOR.COM – Buah yang memiliki nama latin Citrus hystrix ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Biasanya, buah satu ini memiliki rasa dan aroma asam yang khas sehingga dapat menambah cita rasa masakan.

Sebab, dalam jeruk purut mengandung berbagai senyawa organik yang baik untuk kesehatan tubuh.

Temukan suplemen yang mengandung vitamin C, cukup dengan klik di sini. Berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, seperti Vitamin C, Vitamin B6, Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Potasium.

Lebih dari itu, jeruk purut juga mengandung juga mengandung alkaloid, sitrolenol, limonene, nerol, dan senyawa organik lainnya yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

 

Dikutip dari halaman www.halodoc.com Ada banyak nutrisi yang terdapat dalam jeruk ini, berikut penjelasannya

 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh penting bagi kesehatan kamu secara keseluruhan. Dengan sistem kekebalan yang baik, kamu bisa lebih cepat pulih dari penyakit.

Nah, jeruk purut memiliki senyawa antioksidan alami dan sifat antibakteri yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung vitamin C yang memang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti flu atau gangguan pencernaan.

Selain jeruk purut, kamu juga bisa tingkatkan imun dengan mengonsumsi rempah-rempah seperti kunyit, yang kaya manfaat.

 

2. Menjaga kesehatan darah

Ada berbagai cara yang bisa untuk memanfaatkan buah ini. Salah satunya memanfaatkan minyak hasil ekstraksi dari jeruk purut. Minyak yang telah mengalami proses tersebut dijadikan berbagai ramuan herbal untuk menjaga kesehatan darah, dan menghilangkan patogen yang bisa menular melalui darah.

Manfaat ini berkat senyawa volatile yang mampu mengatasi bakteri dan patogen lain. Senyawa tersebut mampu melakukan proses detoksifikasi sistem limfatik dan hati. Dengan begitu, kesehatan darah bisa meningkat secara keseluruhan.

 

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Jeruk purut mengandung berbagai senyawa, termasuk limonene, nerol, dan citronellol. Senyawa organik ini bersifat antiinflamasi dan mampu merangsang sistem pencernaan.

Bila kamu mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, rebusan beberapa daun jeruk purut bisa meredakan gejala yang kamu alami. Bahkan, dapat membantu membuat usus kembali sehat.

Senyawa tersebut mungkin juga bisa membantu mencegah masalah pencernaan yang lebih serius di masa depan. Contohnya seperti kanker kolorektal, wasir, atau tukak lambung. Namun, penelitian masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat jeruk purut untuk sistem pencernaan.

 

4. Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi

Daun dan kulit jeruk purut mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kamu bisa mengoleskan daun jeruk yang telah halus pada bagian gusi, untuk menghilangkan bakteri berbahaya pemicu penyakit.

Selain itu, minyak ekstraksi yang dihasilkan juga bisa kamu gunakan bersama dengan pasta gigi organik dan obat kumur untuk perawatan yang lebih efektif.

 

5. Menghilangkan bau mulut

Bukan hanya meredakan gejala pada gangguan mulut dan gigi, daun jeruk purut juga bisa membantu mengatasi bau mulut. Caranya, rebus beberapa daunnya dengan air bersih hingga matang.

Kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun jeruk ini atau mengonsumsi air rebusan tersebut. Untuk berkumur, kamu bisa lakukan setelah membersihkan gigi agar hasilnya semakin optimal.

 

6. Mengurangi peradangan

Bagi kamu yang mengidap rematik, radang sendi, edema, asam urat, atau kondisi peradangan lainnya, jeruk purut bisa menjadi obat herbal yang efektif.

Aplikasikan air perasan, daun, atau ekstrak minyaknya secara topikal pada area yang mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit. Kamu juga bisa mengonsumsi buah dan jusnya untuk mendapatkan manfaat yang sama.

 

7. Meredakan stres

Bukan hanya buahnya yang dapat menambahkan cita rasa pada makanan, daun jeruk purut juga bisa menambahkan aroma pada makanan. Bahkan, aroma yang muncul dari daunnya dianggap sebagai aroma yang menenangkan.

Bahkan, masyarakat menggunakan minyak esensial yang beraroma daun jeruk purut untuk membantu menurunkan tingkat stres hingga gangguan cemas. Selain itu, menggunakan aromaterapi aroma daun jeruk satu ini juga mampu mengatasi rasa lelah yang akibat adanya penyakit tertentu.

Sebuah studi dalam Flavour and Fragrance Journal melakukan penelitian terhadap 40 sukarelawan dalam kondisi yang sehat. Sukarelawan tersebut diminta untuk menggunakan minyak esensial dari jeruk purut.

Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian, salah satunya perilaku. Hasilnya, sukarelawan tersebut menilai diri mereka menjadi lebih ceria, waspada, dan bersemangat. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan jeruk purut mampu menurunkan tingkat stres hingga depresi pada manusia.

 

8. Mencegah gigitan serangga

Saat melakukan berbagai aktivitas luar ruangan, sebaiknya selalu waspada dengan berbagai gigitan serangga, seperti nyamuk. Untuk mencegah gigitan serangga, kamu bisa menggunakan minyak beraroma daun jeruk purut.

Aroma yang muncul dari daun jeruk purut bisa mencegah serangga mendekat, sehingga kamu terhindar dari gigitannya. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan bahan-bahan yang lebih alami untuk menghindari gigitan serangga.

 

9. Mencegah perkembangan penyakit kanker

Sulit dan daun jeruk purut mengandung limonene. Kandungan ini mampu mencegah perkembangan sel abnormal yang menjadi pemicu penyakit kanker dalam tubuh. Jeruk jenis ini juga mengandung flavonoid dan terpen yang bersifat antikanker.

Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berkaitan dengan pencegahan kanker. Sistem kekebalan tubuh yang optimal sangat penting untuk mencegah infeksi atau pertumbuhan sel abnormal, seperti sel kanker.

Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat jeruk purut dengan penyakit kanker.

 

10. Menjaga kesehatan kulit

Jeruk purut mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan, khususnya kulit. Antioksidan mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang memicu stres oksidatif.

Dengan begitu, kulit akan terhindar dari berbagai kerusakan, seperti menjadi lebih kusam, muncul flek hitam, hingga kerutan halus.

 

11. Mengurangi gejala sakit kepala dan migrain

Melansir dari jurnal Pharmaceuticals, jeruk purut telah lama terkenal sebagai salah satu obat tradisional. Daun dan kulit jeruk purut bisa kamu gunakan untuk mandi uap dengan air hangat. Hasilnya, efek aromatik dari jeruk ini mampu mengurangi sakit kepala hingga migrain.

Nah, itulah berbagai manfaat jeruk purut yang bisa kamu rasakan. Meskipun buah ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal, tetapi pastikan kamu tidak berlebihan dalam penggunaannya. Kamu juga tidak bisa menggunakan buah ini sebagai pengobatan utama untuk berbagai keluhan kesehatan yang kamu alami.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *