3 Khasiat Kunyit, Ampuh Turunkan Kolesterol

oleh -40 Dilihat
banner 468x60

HAYUKABOGOR.COM – Kunyit juga dikenal sebagai akar oranye cerah yang biasa digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Kunyit adalah anggota keluarga jahe dan memiliki rasa hangat dan pahit. Kunyit adalah bahan pokok dalam banyak hidangan dan juga sangat dihargai karena sifat obatnya.

Dalam masak-memasak, kunyit sering digunakan untuk menambah warna dan rasa pada hidangan. Biasanya digunakan dalam pasta kari, sup, dan hidangan nasi. Akarnya dapat digunakan dalam bentuk segar, atau dapat dikeringkan dan digiling menjadi bubuk.

Kunyit juga sering digunakan untuk meresapkan minyak dan cuka, menambahkan warna yang cerah dan rasa bumi pada hidangan.

Selain kegunaan kuliner, kunyit juga dikenal luas karena manfaat kesehatannya. Karena mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad salah satunya untuk menurunkan kolesterol.

 

Inilah cara mengolah kunyit untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh

 

1. Minum Air Kunyit

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Minumlah campuran ini setiap pagi. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol.

 

2. Tambahkan Kunyit dalam Makanan

Kunyit segar atau bubuk kunyit dapat ditambahkan ke dalam masakan sehari-hari seperti tumisan sayuran, sup, atau sebagai bumbu pada hidangan daging atau ikan.

 

3. Kunyit dengan Madu

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu. Lalu konsumsi campuran tersebut secara teratur.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi kunyit atau produk kunyit dalam jumlah besar untuk tujuan kesehatan, terutama jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Kunyit adalah tanaman rempah yang segudang manfaat dari yang ringan hingga yg penyakit bahaya sekalipun. Selain kunyit banyak sekali rempah lainnya yang juga punya segudang manfaatnya. Yuk manfaatkan bahan-bahan alami Yang ada di sekitar kita, karena tidak disadari ternyata banyak sekali obat-obatan yang asalnya dari tanaman tanaman dihalaman yang suka kita temui.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *