Pengerajin Golok Asli Ciseeng Tetap Setia pada Tradisi, Menjaga Warisan Budaya Kabupaten Bogor

oleh -120 Dilihat
oleh
Ilustrasi Golok senjata tradisional masyarakat Indonesia.(eka/hayukabogor)
banner 468x60

HayuKaBogor – Di tengah pesatnya perkembangan zaman dan modernisasi, pengerajin golok asli Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor tetap mempertahankan tradisi lama mereka dalam membuat golok dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal.

Dengan keahlian turun-temurun, para pengerajin ini tidak hanya menjaga warisan budaya, tetapi juga mempertahankan mata pencaharian yang telah menjadi bagian dari identitas mereka selama berabad-abad.

Golok-golok Ciseeng memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi bahan baku maupun teknik pembuatannya.

Para pengerajin golok di Ciseeng menggunakan bahan baku lokal yang dipilih secara hati-hati, seperti baja tahan karat berkualitas tinggi dan kayu-kayu keras yang tahan lama.

Setiap tahap pembuatan golok dilakukan secara manual dengan menggunakan peralatan sederhana dan teknik tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh pengerajin golok saat ini adalah mempertahankan minat dan apresiasi masyarakat senjata tradisional tersebut.

Dengan semakin banyaknya barang-barang produksi massal yang murah dan mudah didapat, beberapa orang mungkin kehilangan rasa nilai akan karya seni yang dibuat dengan tangan.

Namun, ia tetap berkomitmen untuk menjaga keaslian dan kualitas goloknya.

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *