Minuman Kopi Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Tipsnya

oleh -21 Dilihat
Ilustrasi kopi (sumber: vecteezy)
banner 468x60

Siapa yang tidak mengenal kopi? minuman penyegar yang memiliki banyak penggemar ini kini ternyata populer tak hanya di kalangan pria dewasa namun merambah ke kalangan pemuda.

Selain memiliki aroma dan rasa yang nikmat, ternyata kopi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Kopi adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi minuman yang memiliki setidaknya dua varian yakni Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Banyak paradigma yang menyatakan bahwa kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan, namun tahukah kamu jika terdapat beberapa trik untuk meracik minuman kopi yang nyatanya dapat menurunkan berat badan.

1. Kopi hitam

Kopi hitam diketahui bebas dari kalori, jadi sangat aman dikonsumsi saat menjalani diet penurunan berat badan. Racikan kopi ini juga kaya zat antioksidan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Bisa berupa espresso, picollo atau kopi tubruk dengan biji favorit dan diseduh serta dinikmati tanpa tambahan bahan apapun. Selain menambah energi juga mempercepat penurunan berat badan.

 

2. Hindari gula dan krimer

Bagaimana Jika tak suka kopi yang pahit? Kamu tetap bisa menambahkan pemanis, tapi hindari penggunaan gula pasir. Alternatifnya bisa menggunakan stevia atau pemanis alami lainnya dalam jumlah kecil.

Kalau ingin merasakan manfaat berat badan yang turun drastis, hindari kopi yang creamy rasanya. Karena, tambahan krimer atau whipped cream ini akan menambahkan sejumlah kalori pada secangkir kopi.

Kalau ingin tekstur creamy, kamu bisa menggunakan susu rendah lemak. Bisa juga menggantinya dengan susu nabati, seperti susu almond atau susu oat.

 

3. Tambahkan kayu manis

Tambahan rempah juga bisa membuat racikan kopi terasa nikmat. Bubuk kayu manis ternyata cocok ditambahkan ke dalam racikan kopi untuk menurunkan berat badan.

Bubuk kayu manis bisa menambahkan aroma harum yang menggugah selera. Selain itu, bubuk kayu manis ini juga dapat memberikan sejumlah manfaat sehat, seperti mengontrol kadar gula darah dan mengurangi rasa lapar.

Kalau ingin membuat racikan kopi rempah dari bubuk kayu manis, kamu juga bisa menambahkan sedikit madu. Madu juga sumber zat antioksidan sekaligus bisa digunakan untuk pengganti gula pasir.

Informasi diatas bisa kita terapkan bagi yang ingin menurunkan berat badan. Tetapi jika Masi ragu dengan ini kalian bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter gizi kalian ya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *