Belgi Art, Limbah Kayu dan Sustainable Produk

oleh -34 Dilihat
Belgi Alhuda pendiri Beldi Art (dok : pribadi)
banner 468x60

 

HayuKaBogor.com – Belgi Art adalah suatu jenis usaha mikro di Kabupaten Bogor. Brand lokal ini  masuk dalam bidang ekonomi kreatif subsektor kriya yang memproduksi berbagai jenis kerajinan tangan berbahan dasar kayu limbah sisa industri.

Belgi Alhuda pemilik usaha Belgi Art menjelaskan, usahanya berdiri sejak tahun 2019 lalu yang hampir berdekatan dengan memasuki masa pandemi saat itu.

“Pada awalnya saya hanya bermaksud memanfaatkan limbah kayu yang banyak dijumpai, dengan melukis di atas media kayu dan ternyata banyak yang mengapresiasi hingga akhirnya berlanjut sampai saat ini”. Kata Belgi kepada hayukabogor.com, Jum’at 15 Desember 2023.

Setelah produk hasil karyanga banyak yang suka akhirnya terlintas dalam niatnya untuk berinovasi untuk memperkaya varian produk berbagai limbah kayu.

Belgi memperbanyak jenis produk yang ia buat dari mulai hiasan dinding kayu, tas kayu, kotak korek, kotak rokok, dan gantungan kunci serta pot bunga berbahan dasar semen (cement flower pot).

“Motivasi awalnya, selain memiliki keinginan untuk memanfaatkan limbah hingga menghasilkan produk yang berdaya guna bahkan berdaya jual. Saya  juga ingin membuktikan bahwa dari kesenian dapat membuat bangga orang sekitar,” kata Belgi.

Baca Juga : Aban Sudrajat, Sagala Tina Awi, Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Budaya

Masih kata Belgi, awalnya ada juga orang yang mencibirnya bahkan lebih padah lagi ada yang mengira dirinya gila. Tetapi, lambat laun dengan konsisten dan kerja keras stigma seperti itu hilang dan tidak dihiraukannya lagi.

Sebelum menggeluti usaha kerajinan, Belgi pernah bekerja di hotel, restauran dan juga berjualan di pasar. Jenuh menjadi buruh, Belgi lalu memutuskan untuk membangun usahanya sendiri.

Dia berwirausaha di bidang industri kreatif kerajinan tangan yang ia beri nama Belgi Art.

Produk Belgi Art saat mengikuti ajang pameran di Jakarta (dok : Belgi Art)

Perkembangan usahanya boleh dibilang sangat pesat. Belgi  memperbaiki kualitas dan kuantitas produk, menambah jumlah produksi dan mengurus legalitas usahanya. Hingga kini usahanya telah memiliki legalitas HaKI dari Kemenkumham.

Selain itu, beberapa penghargaan pernah diraihnya. Belgi  menjadi finalis 10 besar dalam ajang Festival UMKM Millenial yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bogor.

Selain itu,  dirinya juga menjadi nominasi Pejuang Djiwa Tangguh tingkat nasional yang diselenggarakan oleh perusahaan rokok ternama pada tahun 2021 dan beberapa penghargaan lainnya hingga Belgi yang dulunya buruh bisa bertemu dan berjabat tangan dengan Gubernur, Bupati dan Menteri yang mengagumi produk yang dibuatnya.

Belgi juga pernah menjabat sebagai Ketua Forum UMKM IKM Kecamatan Cigombong.

Kini ia mantap untuk terus mengembangkam usahanya. Belgi memiliki harapan agar usahanya semakin berkembang dan dapat menembus segala kendala dari mulai permodalan dan pemasaran.

Belgi terus mempromosikan usahanya dengan semangat sambil terus melahirkan karya-karya terbaik.

“Saya terus berproses dan semoga usaha saya dapat memberikan banyak manfaat. Karena sebaik-baiknya suatu usaha adalah mereka yang dapat memberikan kontribusi terhadap ekonomi, sosial, lingkungan serta berkelanjutan,” tutup Belgi.

Untuk lebih mengenal apa itu Belgi Art dan berbagai karyanya dapat dijumpai di galeri yang terletak di Jl. Cigombong, Kp. Ciburayut, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong-Bogor dengan akun instagram miliknya @belgi_art.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *