Ada 5 Kampus Terbaik di Bogor, Kamu Harus Tau!

oleh -26 Dilihat
oleh
Sebagai orang tua pasti kita ingin anaknya dapet Kampus terbaik didaerahnya, images sumber: iStock
banner 468x60

HAYUKABOGOR.COM – Ini 5 universitas terbaik di Kota Bogor berdasarkan peringkat EduRank 2023 yang perlu diketahui.Kota Bogor menjadi salah satu kota yang cukup menarik untuk menempuh studi pendidikan tinggi.

Jarak Bogor dengan ibu kota Jakarta yang hanya selemparan batu membuat banyak calon mahasiswa menjadi Bogor sebagai alternatif kuliah selain Kota Jakarta.

Selain status akreditasi, untuk memilih kampus terbaik di Kota Bogor salah satunya bisa dengan mengacu daftar peringkat yang dirilis lembaga EduRank.

Inilah 5 universitas terbaik di Kota Bogor versi EduRank 2023, simak ya!

1. Institut Pertanian Bogor (IPB University) 

Peringkat 4 di Indonesia: 4 Peringkat 230 di Asia

Institut Pertanian Bogor atau disebut IPB University, sebelumnya adalah namanya Bogor Agricultural University, merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. IPB awalnya merupakan fakultas pertanian dari Universitas Indonesia. Namun, pada 1 September 1963, IPB lepas dari Universitas Indonesia dan berdiri menjadi sebuah institut pertanian.

Pada tanggal 7 November 2017 lalu Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi mendapatkan status akreditasi dengan peringkat A (sangat baik) berdasarkan hasil rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berdasarkan hasil penilaian Business Innovation Center–Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, IPB menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang paling banyak melakukan inovasi dalam Inovasi Indonesia paling Prospektif (sebanyak 39,71 persen) selama sepuluh tahun berturut-turut (2008-2018).

Hal tersebut terkait dengan keberhasilan IPB menghasilkan inovasi-inovasi dengan kualitas berskala nasional maupun internasional. Pada tahun 2020, IPB Berhasil mendapatkan peringkat 1 Kampus terbaik se-Indonesia menurut Kemdikbud.

 

2. Universitas Pakuan 

Peringkat ke 75 di Indonesia Peringkat ke 1.877 di Asia

Universitas Pakuan (Unpak) merupakan kelanjutan dari Universitas Bogor (Unbo) yang berkiprah selama hampir dua dekade sampai dengan tahun 1980. Beberapa perguruan tinggi swasta pada tahun 1977 berfusi dengan universitas ini yaitu Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akademi Bahasa Asing, Akademi Sekretaris Manajemen Internasional dan Akademi Ilmu Agama Islam dengan badan penyelenggara Yayasan Perguruan Tinggi Bogor (YPTB).

 

3. Universitas Ibn Khaldun

Peringkat ke 157 di Indonesia Peringkat ke 3.325 di Asia

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor merupakan kampus Islam yang didirikan oleh para tokoh bangsa dan alim ulama, dan berdiri sejak 1961 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun Bogor. Sejak awal berdiri, UIKA Bogor telah banyak melahirkan lulusan yang berhasil serta turut berperan membangun bangsa dan negara di berbagai bidang, baik pada skala lokal, nasional, maupun Internasional.

UIKA Bogor juga terus konsisten melakukan perbaikan pada berbagai bidang, seperti pada layanan pendidikan ataupun sumber daya manusia. Hal itulah yang membuat Universitas Ibn Khaldun Bogor mengukir banyak prestasi.

 

4. Universitas Djuanda

Peringkat ke 251 di Indonesia Peringkat ke 4.026 di Asia

Nama Djuanda diabadikan menjadi nama Universitas sebagai penghormatan kepada seorang Pahlawan Kemerdekaan Nasional berdarah sunda, yakni Ir. H. Djoeanda Kartawidjaja kelahiran Tasikmalaya tanggal  14 Januari 1911 yang banyak berkiprah pada bidang pemerintahan di Republik Indonesia.

Universitas Djuanda memiliki visi “Menjadi Universitas Unggul untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang Menyatu Dalam Tauhid dan Diakui Dunia” dengan penerapan Pancadarma yang tidak hanya fokus pada Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, akan tetapi juga membangun girah Ketauhidan dan Profesionalitas sebagai pengembangan dari Tridarma Perguruan Tinggi.

Sampai saat ini Universitas Djuanda menyelenggarakan Program Sarjana (S1) dengan terdiri dari 7 Fakultas dan 17 Program Studi, kemudian Program Sekolah Pascasarjana dengan 3 Program Magister, serta 1 Sekolah Vokasi jenjang Sarjana Terapan (D4) yang telah resmi dibuka. Seluruh Program Studi telah terakreditasi “Baik Sekali” maupun “Unggul”, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini telah dirintis pula untuk penambahan Program Studi baru, baik S1, S2, dan S3.

 

5. Universitas Nusa Bangsa

Peringkat ke 452 di Indonesia Peringkat ke 5.318 di Asia

Universitas Nusa Bangsa disngkat sebagai UNB, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampusnya terletak di Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Universitas Nusa Bangsa telah lulus Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN PT pada Desember 2017.  Program Studi di UNB telah terakreditasi BAN PT dengan peringkat “B”.

Itulah informasi tentang perguruan tinggi yang ada di Bogor yang paling populer dan terakreditasi. Apa Kamu minat sekolah di Bogor? Yuk cari tau lebih lanjut untuk Kampus yang Kamu minati.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *