Rudy Susmanto Ingin Program Pembinaan UMKM di Bogor Terintegrasi

oleh -59 Dilihat
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto
banner 468x60

HayuKaBogor.com – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, menekankan pentingnya integrasi dalam pelaksanaan program pembangunan, khususnya yang menyangkut peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Rudy menyatakan bahwa mengintegrasikan program satu dinas dengan dinas lainnya akan membuat target sasaran pembangunan yang didanai APBD lebih efektif dan tepat sasaran.

“Misalkan, pelaku UMKM diberikan pelatihan oleh Dinas UMKM, maka dinas lainnya yang berkaitan dapat menyambutnya dengan program permodalan dan pemasaran produk-produk para pelaku UMKM ini,” ujar Rudy Susmanto pada Jumat, 14 Juni 2024.

Baca Juga: PPDB 2024 Berlangsung, Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Fokus Pada Pelayanan dan Kemudahan Informasi

Rudy juga mengusulkan pengkategorian pelaku usaha yang lebih tegas. Menurutnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa fokus pada pelaku usaha ekonomi kreatif, sedangkan Dinas Perindustrian dapat menekankan pembinaan usaha yang mulai mengarah ke skala industri. Dengan pembagian kriteria yang jelas, program pembinaan akan menghindari tumpang tindih dan lebih luas dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Mulai ini dan ke depan, langkah ini harus kita jalankan agar hasilnya bisa lebih maksimal,” kata Rudy.

Rudy menambahkan bahwa perhatian pemerintah terhadap pengembangan sektor usaha yang dijalankan masyarakat pada akhirnya akan memberikan kontribusi signifikan bagi pendapatan daerah. Sektor usaha, lanjutnya, merupakan bagian penting dalam menggerakkan roda perekonomian dan penyerapan tenaga kerja.

“UMKM sudah terbukti menopang perekonomian daerah, bahkan saat pandemi COVID-19 tahun-tahun yang lalu,” tandas Rudy

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *