Hari Jadi Bogor ke-542 Diwarnai Tebar Benih Ikan, Penanaman Pohon, dan Pelayanan Kependudukan oleh PUPR

oleh -30 Dilihat
oleh
Kepala Dinas PUPR didampingi Pj Sekda Kabupaten Bogor saat menebar benih ikan di Situ Cibinong.(dok.pribadi)
banner 468x60

HayuKaBogor – Dalam rangkaian Hari Jadi Bogor ke-542 Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan tebar benih ikan, penanaman pohon, dan pelayanan kependudukan, yang berlangsung di Cibinong Situ Plaza, Kecamatan Cibinong, pada Jumat (31/5/2024).

Pj Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan, pada acara kegiatan hari ini juga dilakukan aksi bersih-bersih Cibinong Situ Plaza.

Tidak hanya itu saja, Suryanto sapaan akrabnya mengatakan, dalam rangka Hari Jadi Bogor ke-542 itu, Pemkab Bogor turut menebar 7 ribu benih ikan.

“Kita berharap itu menjadi sumber hewani dan protein buat masyarakat. Tadi juga secara simbolis dari Distanhorbun menyerahkan bibit untuk ditanam,” ujarnya.

“Selain di sini juga terhadap situasi ini di kompleks Jalan Bersih PU, Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Pariwisata sedang melakukan bersih-bersih. Ini bentuk gotong royong semua. Babarengan bagaimana menjaga lingkungan kita. Intinya itu,” sambungnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk nyata dari tema Pemkab Bogor di hari jadi bogor di tahun 2024.

“Alhamdulillah ini wujud dari kebersamaan, bentuk guyubnya kita, dengan semuanya seperti ini mudah-mudahan tujuan untuk masyarakat Kabupaten Bogor sejahtera itu bisa terwujud,” imbuhnya.

Menurutnya, Pemkab Bogor juga sudah mengintruksikan seluruh kecamatan untuk bersama-sama menciptakan kegiatan dalam rangka Hari Jadi Bogor seperti bersih-bersih dan tanam pohon.

“Puncak HJB nanti digelar pada tanggal 8 Juni di GOR Pakansari ada jalan sehat, senam, bazar, dan berbagai hiburan. Karena itu kolaborasi antara stakeholder,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PUPR, Iwan Iriawan menyebutkan, ikan yang ditebar berjenis tawes dan nila, karena lebih kuat dalam menghadapi cuaca dan kondisi iklim serta air yang ada di situ Cibinong Plaza ini.

“Intinya kegiatan hari ini selain momentum HJB juga ingin menciptakan kebersamaan untuk ditularkan kepada SKPD dan kepada masyarakat yang lain bahwa kalau bersama-sama tidak ada maslaha yang bisa diselesaikan. Yang paling penting pesannya sesuai dengan tagline nya Babarengan, Akur, dan Makmur,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Sekdis DPUPR, Edi Mulyadi mengatakan, 7.000 benih ikan itu jenis 30 bibit tanaman buah-buahan di antaranya jeruk dan durian, sementara dari Dinas Pangan dan Holtikultura menyiapkan tanam di sekitar area Cibinong Situ Plaza

“Jenis ikan yang ditebar adalah 1.000 tawes dan 1.000 nila. Kemudian dari Disdukcapil membuka pelayanan kependudukan. Mereka akan menyelenggarakan juga kegiatan pelayanan kependudukan kita siapkan tempatnya,” jelasnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Kegiatan, Esda Permana Lukman mengatakan, rangkaian acara HJB ini juga turut diisi dengan tarian tradisional seni Sunda, disediakan juga sejumlah stand UMKM (ada nasi kuning, doclang khas Bogor, bubur tradisional), UMKM berasal dari masyarakat sekitar Cibinong.

“Untuk kegiatan juga ada dari Dinas Perikanan yang berkontribusi terhadap ikan, kemudian Dinas Tankorbun terkait bibit tanaman, dan untuk bersih-bersih situ sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu berkolaborasi dengan DLH dan DPKPP, untuk park ranger. Dan tidak hanya situ, tetapi di sekitar kawasan kegiatan ada pembersihan. Ini kegiatan yang sifatnya gotong royong dengan tema babarengan, akur, dan makmur,” tambahnya.

Sekedar informasi, pada acara itu turut dihadiri Pj Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra, Kepala Dinas PUPR, Iwan Setiawan, Sekdis PUPR, Edi Mulyadi, serta para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bogor.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *