Kafe Sespri Istri Jokowi Disita Satgas BLBI di Kota Bogor, Sendy Fardiansyah Komplain ke Pemilik Lahan

oleh -55 Dilihat
banner 468x60

HayuKaBogor – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang I (KPKNL Jakarta I) bersama dengan Satuan Tugas Penanganan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) Pusat baru saja melakukan tindakan penyegelan dan penyitaan terhadap lahan kafe Sequoia Coffee Garden di Kota Bogor.

Sequoia Coffee Garden, yang diketahui sebagai milik sekretaris pribadi (sespri) Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga akan menjadi Calon Wali Kota Bogor pada Pilkada 2024, Sendy Fardiansyah, telah mengonfirmasi tindakan penyegelan tersebut.

Menurutnya, lahan yang disegel digunakan oleh investor, termasuk dirinya. Ia menyatakan bahwa pihaknya sebagai investor dan manajemen akan meminta klarifikasi dan penjelasan langsung dari pemilik lahan terkait situasi tersebut.

“Kami sebagai investor dan manajemen akan meminta klarifikasi dan penjelasan dari pemilik lahan,” ujar Sendy pada Jumat, 29 Maret 2024.

“Lagi ditanyakan ke pemilik lahan. Kami juga mengetahui informasi ini dari teman-teman yang mengirim foto penyegelan,” tambah dia.

Sejauh ini, pihaknya telah meminta penjelasan dari PT yang ditunjuk sebagai penanggung jawab lahan tersebut. Selama ini, manajemen berkoordinasi dengan PT tersebut.

“Kalau tidak salah, Bumi Aki juga terlibat di lahan yang dikelola oleh PT tersebut,” tambahnya.

Terkait operasional kafe Sequoia Coffee Garden, Sendi mengaku akan mengikuti aturan yang berlaku dan tidak keberatan jika harus meninggalkan lahan tersebut.

“Kami ingin mengonfirmasi apakah ada surat dari Satgas BLBI yang meminta lahan segera dikosongkan atau tidak. Kami akan patuh pada aturan yang ada. Jika tidak diizinkan, kami akan mencari lahan lain untuk usaha,” tegasnya.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa kafe tersebut aman, dan hanya lahan yang mengalami masalah. Ia mengakui bahwa yang terpenting saat ini adalah melakukan konfirmasi dengan pemilik lahan, dan kemudian investor dan manajemen akan memutuskan langkah selanjutnya.

Diketahui bahwa KPKNL Jakarta I dan Satgas BLBI Pusat melakukan kegiatan pengamanan dan penyitaan barang jaminan di Kota Bogor, termasuk lahan kafe Sequoia Coffee Garden di Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kafe tersebut milik Sendi Fardiansyah, sekretaris pribadi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan calon Wali Kota Bogor pada Pilkada 2024.

Penyegelan ditandai dengan papan besar yang dipasang petugas dengan tulisan ‘Aset ini dalam penyitaan panitia urusan hutang negara & pengawasan pemerintah republik Indonesia, C.O Satgas BLBI. KEPPRES nomor 6 tahun 2021 JO. KEPPRES nomor 16 tahun 2021 JO. KEPPRES 30 tahun 2023’. Operasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya penegakan hukum dan penindakan terhadap kasus-kasus yang terkait dengan BLBI yang menjadi perhatian publik.

Kepala Satpol PP Kota Bogor, Agustiansyah, telah membenarkan penyegelan tersebut, menegaskan bahwa pihaknya hanya mendampingi kegiatan yang dilakukan oleh Satgas BLBI untuk menyita lahan kafe Sequoia Coffee Garden.

“Barang-barang yang menjadi jaminan turut disita untuk proses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” singkat Agus.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *