Taman Safari Bogor Gelar Show sambut Hari Panda Nasional

oleh -39 Dilihat
oleh
Inilah panda di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor yang menjadi ikon dan idola para pengunjung.(dok.TSI)
banner 468x60

HayuKaBogor – Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor menggelar acara khusus bertajuk Show Panda untuk menyambut Hari Panda Nasional, Sabtu, 16 Maret 2024. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya TSI dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan dan pelestarian panda.

Jansen Manansang, pendiri Taman Safari Indonesia, menjelaskan bahwa panda merupakan simbol perdamaian dan kasih sayang bagi seluruh dunia. Dia menekankan bahwa upaya konservasi panda telah berhasil meningkatkan populasi mereka dari jumlah yang sedikit menjadi ribuan, menandakan keberhasilan program konservasi tersebut.

Meskipun memiliki gigi yang menyerupai pemakan daging, panda sebenarnya merupakan pemakan bambu, yang menjadi salah satu keunikan dari spesies ini. Manansang menjelaskan bahwa panda dapat dianggap sebagai fosil hidup yang unik.

Indonesia memiliki kehormatan menjadi salah satu dari hanya 16 negara di dunia yang diberi kesempatan untuk memiliki panda. TSI Bogor telah meminjamkan sepasang panda dari China, yang diberi nama Chaitao untuk panda jantan dan Huchun untuk panda betina.

Manansang juga menyatakan pentingnya meyakinkan pemerintah China bahwa TSI memiliki kemampuan untuk mengembangbiakkan panda, sebagai bagian dari upaya pelestarian spesies ini.

Manager Marcomm Taman Safari Bogor, Danang Wibowo, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan selama 3 hari, termasuk perayaan Nasional Panda Day, Internasional Panda Day, dan kedatangan panda ke TSI Bogor. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan panda, serta mengundang pengunjung untuk melihat secara langsung aktivitas panda di TSI Bogor.

Wibowo berharap bahwa pada tahun ini, panda yang berada di TSI Bogor dapat melakukan reproduksi atau menghasilkan keturunan, yang akan menjadi langkah penting dalam pelestarian spesies ini.

Dengan acara Show Panda dan rangkaian kegiatan lainnya, Taman Safari Indonesia Bogor berusaha untuk terus menjadi pusat edukasi dan konservasi bagi panda serta spesies lainnya, serta mengajak masyarakat untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *