Rizky Bayu Pradana Sosok Inspiratif Pendiri Sumber Rachmat Rizky Farm

oleh -130 Dilihat
Rizky Bayu Pradana (srrfarm)
banner 468x60

 


HayuKabogor.com – Rizky Bayu Pradana merupakan satu dari sedikit anak muda yang memilih sektor pertanian sebagai jalan ‘penghidupan’. Rizky terjun di dunia peternakan pada 2018, setelah 10 tahun menjadi karyawan perusahaan Perbankan di DKI Jakarta.

Kegelisahannya melihat rendahnya minat pemuda berkecimpung di sektor pertanian menjadi satu alasan. Selain itu, juga pangsa pasar produk peternakan yang begitu terbuka dan minim saingan usaha.

“Saya melihat situasi ini sebagai peluang dan memberanikan diri untuk full terjun di dunia peternakan,” ujar Rizky Bayu Pradana, dikutip dari Chanel Youtube Kementan, Senin 20 November 2023.

Pada 2018, Pria yang karib disapa Bayu ini memulai usaha dengan modal 50 ekor kambing. Dia membangun usaha peternakan di Jalan ke Kampung Setu, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur. Usahanya kini dikenal dengan nama srrfarm yang merupakan akronim dari Sumber Rachmat Rizky Farm.

Baca Juga : Aban Sudrajat, Sagala Tina Awi, Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Budaya

Saat ini, peternakan tersebut memiliki tak kurang dari 1.500 ekor kambing dan 14 ekor sapi, untuk mengurus usahanya Bayu merekrut 12 orang pemuda dari Desa sekitar menjadi karyawan.

Selain  membuka lapangan kerja, srrfarm juga memberi nilai tambah terhadap sektor pertanian masyarakat. Nilai tambah tersebut antara lain untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak, srrfarm menampung limbah tanaman jagung dari petani sekitar, dan juga memproduksi pupuk kandang untuk meningkatkan hasil pertanian warga sekitar.

Dalam satu bulan, tidak kurang peternakan milik Rizky Bayu Pradana memproduksi 1000 karung kotoran hewan untuk bahan pupuk.

“Jadi saling bersinergi, karena hasil pertanian yang mereka dapatkan juga akan kita rasakan,” cetusnya.

Memanfaatkan Peluang dan Bekal Ilmu Pengetahuan

banner 336x280

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *