Deretan Minuman Khas Bogor yang Wajib Kalian Coba!

oleh -27 Dilihat
oleh
Biar kotjok Bogor, images sumber: Jalur rempah
banner 468x60

HAYUKABOGOR.COM – Selain keindahan alamnya, Bogor adalah sejuta kulineran dari makanan dan minuman jadul sampai modernpun ada di Bogor lho!

Kamu juga bisa menikmati kelezatan minuman khas yang menggugah selera berikut ini dari yang panas sampai yang dingin..

1. Es Pala

Es buah pala

Es Pala legendaris di Bogor bisa kamu temui di Pusat Kuliner Suryakencana yang ada di Jalan Suryakencana nomer 76 RT 03 RW 01, Babakan PS, Kecamatan Bogor Tengah.

Tempat kuliner ini sangat sederhana hanya berjualan memakai gerobak, tetapi rasanya gak kaleng-kaleng. Seger banget sampai bikin kangen ingin balik lagi. Es Pala Suryakencana tidak hanya sekadar tempat untuk menikmati es, tetapi juga tempat untuk menciptakan kenangan manis.

“Kalo lagi kulineran di Suryakencana (Surken) Bogor jangan lupa buat cari minuman yang satu ini, apalagi kalo lagi panas terik cocok banget. Rasa manis asem dengan sensasi buah pala yang pecah banget ketika kunyah,” demikian pernyataan dari akun Instagram @momotokopi.

Bahan-bahannya sederhana, hanya manisan pala, sirup pala, dan es batu. Namun, ketika tiga bahan itu bersatu dan kamu menikmatinya saat cuaca sedang terik, beuh nikmat banget rasanya.

2. Bir Kotjok

Biar kotjok Bogor, images sumber: Jalur rempah

Minuman khas Bogor ini punya rasa unik dan khas. Meskipun namanya bir, tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol kok karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, cengkeh, dan gula aren.

Salah satu ciri khasnya adalah rasa manis yang dominan, dengan sedikit rasa asam dan aroma rempah yang menyegarkan. Bir Kotjok tidak hanya sekadar minuman biasa, tetapi juga memiliki nilai historis yang kuat di Bogor.

Warisan dari masa kolonial Belanda, bir ini telah menjadi bagian penting dari budaya minum di Bogor. Berbeda dengan alkohol yang memabukkan, minum bir kotjok justru berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

3. Bandrek

Bandrek, images sumber: Resepkoki

Salah satu minuman legendaris dari Bogor yang tak boleh absen dari daftarmu adalah bandrek. Panasnya jahe dan rempah yang terasa dalam setiap tegukan akan membuatmu terlena oleh kelezatannya. Tak heran jika di Bogor yang dikenal dengan kota hujan dan bandrek selalu menjadi pasangan yang serasi.

4. Bajigur

Bajigur, images sumber: cookpad.com

Bajigur adalah minuman khas dari daerah Bogor yang memiliki rasa yang lezat dan unik. Minuman ini biasanya terdiri dari campuran santan, gula merah, jahe, daun pandan, dan bubuk kopi atau juga sering disebut bubuk kopi jang.

Bajigur sering disajikan hangat, membuatnya menjadi minuman yang cocok dinikmati di tengah udara sejuk Bogor. Kelezatan Bajigur tidak hanya terletak pada rasa manis gula merahnya yang khas, tetapi juga pada aroma harum jahe dan pandan yang menyegarkan.

Tambahan bubuk kopi memberikan sentuhan khas yang membuatnya berbeda dari minuman tradisional lainnya. Bajigur juga sering dianggap sebagai minuman penyegar yang cocok diminum di sore hari atau ketika cuaca sedang dingin.

5. Es Cincau Hijau

Cincau hijau, images sumber: Cookpad.com

Untuk menyeimbangkan suhu tubuhmu, nikmati segelas es cincau hijau. Es segar dengan aroma pandan dan potongan cincau yang kenyal akan memberikan kesegaran tersendiri di tenggorokanmu.

Jadi, ketika berkunjung ke Bogor, pastikan untuk mencicipi lima minuman khas ini. Dijamin, perjalanan wisata kuliner akan semakin lengkap dan memuaskan. Komen dibawah yah, mana nih minuman yang sudah Kalian Coba?

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *