Ada Tempat Bersejarah di Bogor yang Wajib di Kunjungi

oleh -36 Dilihat
oleh
Museum PETA Bogor, images sumber: Wikipedia
banner 468x60

HAYUKABOGOR.COM – Bogor menyimpan banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, termasuk dengan keberadaan tempat bersejarah di Bogor. Tempat bersejarah ini bisa jadi pilihan destinasi wisata yang menarik sekaligus sebagai edukasi untuk menambah wawasan.

Mengutip dari situs resmi kotabogor.go.id, Kota Bogor merupakan salah satu kota yang lokasinya dengan ibukota negara yaitu Jakarta dan memiliki potensi di bidang pariwisata. Tidak heran jika ada banyak tempat menarik yang dijadikan tujuan wisata, termasuk dengan tempat-tempat bersejarah yang ada di Bogor.

Inilah beberapa Rekomendasi Tempat Bersejarah di Bogor untuk Wisata

Dari banyaknya tempat bersejarah yang ada di Bogor, ada beberapa tempat yang patut dikunjungi sebagai wisata edukasi. Berikut adalah deretan tempat bersejarah di Bogor yang menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi:

 

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, images sumber: Wikipedia

Tempat pertama tentu saja Kebun Raya Bogor. Tempat yang telah berdiri sejak tahun 1817 ini menjadi rumah dari berbagai jenis tumbuhan. Tidak hanya melihat berbagai koleksi tumbuhan, di sini pengunjung juga bisa datang ke Museum Zoologi untuk mengenal berbagai satwa.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

 

2. Museum Perjuangan Bogor

Museum perjuangan Bogor, images sumber: Wikipedia

Berlokasi di Jalan Merdeka, Museum Perjuangan Bogor bisa jadi tujuan tempat bersejarah yang ada di Bogor. Sesuai namanya museum ini memiliki koleksi seputar perjuangan masyarakat Bogor untuk meraih kemerdekaan pada masa penjajahan.

Ada diorama serta berbagai koleksi senjata yang digunakan oleh para pejuang dalam masa kemerdekaan dahulu.

Lokasinya juga strategis karena dekat dari kawasan Stasiun Bogor, sehingga mudah untuk dikunjungi.

Alamat: Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Kampung Parung Jambu, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16124

 

3. Museum PETA

Museum PETA Bogor, images sumber: Wikipedia

Tempat bersejarah di Bogor berikutnya adalah Museum PETA atau Monumen dan Museum Pembela Tanah Air. Koleksi yang ada di museum ini sebagian besar merupakan senjata perang dan diorama seputar terbentuknya PETA dan pertempuran melawan penjajah.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121

 

4. Prasasti Batu Tulis

Prasati batu tulis Bogor, images sumber: Wikipedia

Terakhir ada bangunan bersejarah yaitu Prasasti Batu Tulis yang berlokasi di daerah Batutulis, Kota Bogor. Prasasti ini merupakan bukti sejarah dari peninggalan Kerajaan Sunda. Di dalam komplek prasasti ini pengunjung jugs bisa melihat berbagai barang peninggalan kerajaan lainnya.

Alamat: Jl. Batu Tulis No.54, RT.02/RW.02, Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16133

Berwisata ke tempat bersejarah di Bogor tersebut tidak hanya sekadar untuk jalan-jalan, tetapi juga bisa jadi cara untuk menambah wawasan mengenai sejarah Kota Bogor maupun sejarah Indonesia.

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *