Pemerintah Gandeng Inovator Atasi Pengangguran dan Kemiskinan di Bogor

oleh -58 Dilihat
Pemkab Bogor melalui Bappedalitbang menggandeng inovator untuk membangun daerah (Egi AM/HayuKaBogor.com)
banner 468x60

HayuKaBogor.com – Pemkab Bogr melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor menggelar Gelar Inovasi Daerah (GID) 2023. Kegiatan ini melibatkan sejumlah inovator di berbagai bidang.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menyebut GID 2023 ini dinilai penting karena mampu mengakomodir para inovator untuk mengembangkan inovasi mereka dalam membantu menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

“Kita daerah yang jumlah penduduknya banyak, data makro menunjukan pengangguran masih tinggi. Kemiskinan ada sekitar 500 ribu orang, ini menuntut kita untuk turut berinovasi,” kata Ajat, Kamis 23 November 2023.

Terlebih, kata dia, Bonus Demografi yang menuntut banyaknya lapangan kerja di masa yang akan datang. Sehingga, inovasi-inovasi dari masyarakat Kabupaten Bogor diperlukan untuk mengisi ruang keterbatasan dan mengembangkan kemandirian berekonomi.

“Jadi kita kuatkan ekosistem (kemandirian berinovasi). Kita buat inovasi daerah, dinilai, diberi penghargaan. Nantinya itu akan menjadi siklus di lokal (Kabupaten Bogor),” papar dia.

Baca Juga : Aban Sudrajat, Sagala Tina Awi, Ekonomi Kreatif dan Pelestarian Budaya

Sehingga masyarakat tidak menggantungkan masa depan mereka pada lapangan kerja yang disediakan, namun membuat lapangan kerja sendiri dengan inovasi-inovasi yang diciptakan dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

“Ini bermanfaat sebenarnya untuk membangun ekosistem kita, jadi ada habit yang terbiasa yang dilakukan masyarakat,” ungkapnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *