Bogor Seksi di Mata Investor

by
Tugu Pancakarsa (egi AM/hayukabogor)
banner 468x60

HayuKaBogor –  Pemerintah Kabupaten Bogor mengklaim telah lampaui target investasi tahun 2023. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, hingga September 2023, jumlah investasi yang masuk ke Kabupaten Bogor lebih dari Rp12 triliun.

Realisai investasi Rp12 triliun, kata dia, telah melampaui target yang telah ditetapkan untuk 2023 yakni Rp9 triliun.

“Realisasi investasi bisa meningkat. Karena data terakhir itu baru sampai triwulan III atau September 2023. Nanti akan direkapitulasi lagi pada akhir triwulan IV,” kata Irwan Purnawan, Selasa 21 November 2023.

Baca Juga : Lawang Rangga Gading Jadi Pusat Kuliner Baru di Bogor

Dia mengatakan, untuk di Jawa Barat, realisasi investasi Kabupaten Bogor hanya kalah dari Kabupaten Bekasi dengan total investasi masuk Rp41,5 triliun dan Kabupaten Karawang Rp35,1 triliun.

Irwan menjelaskan, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) masih mendominasi di Kabupaten Bogor dengan nilai investasi lebih dari Rp8,8 triliun. Sementara Penanaman Modal Asing (PMA) berkisar Rp3,16 triliun.

Selain itu, realisasi investasi yang telah melampaui target itu juga dibarengi dengan serapan tenaga kerja di Kabupaten Bogor yang mencapai 23.537 orang.

Secara keseluruhan, realisasi investasi baik PMA dan PMDN di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat berdasarkan Laporan Kegiatan Penanam Modal (LKPM) periode Januari – September 2023 lebih dari Rp153,2 triliun dengan penyerapan tenaga kerja 192.414 orang.

“Dari jumlah tersebut, untuk investasi Kabupaten Bogor menyumbang 7,87 persen untuk realisasi investasi di Jawa Barat,” kata Irwan.

 

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *