10 Destinasi Wisata di Bogor yang Ramah Anak

oleh -34 Dilihat
Rekomendasi Tempat Wisata yang Ramah untuk Anak
Rekomendasi Tempat Wisata yang Ramah untuk Anak
banner 468x60

HAYUKABOGOR.COM – Kalian tentu sudah tidak asing dengan Bogor, si kota hujan di kaki gunung yang hanya berjarak ‘selemparan batu’ dari Jakarta. Keindahan alam, kesejukan udara, dan banyaknya tempat berburu barang murah sudah lama menjadi daya pikat untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

bagi yang sedang merencanakan liburan untuk putra-putrinya, ini dia tempat-tempat penuh keceriaan dan petualangan bagi sang buah hati. Ayo panggil si kecil sekarang dan kita mulai berkemas. Tujuan petualangan berikutnya:

Rekomendasi Wisata Anak di Bogor

1. Mueum Zoologi

Museum zoologi, images: Atourin

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Banyak juga orang tua yang membawa buah hatinya ke Museum Zoologi. Berbagai jenis hewan yang ada di sini, bahkan ada yang dari zaman Prasejarah. Salah satu ikon utama di sini adalah Balaenoptera Musculus atau paus biru.

Tempat ini sendiri sudah dibangun sejak 1894, karena itulah bangunanya juga terkesan klasik dengan arsitektur khas Belanda. Awalnya, tempat ini merupakan sebuah laboratorium bernama Landbouw Zoologisch Laboratorium, sekarang sudah beralih fungsi jadi museum.

Harga Tiket Masuk :
· Rp15.000 per orang (termasuk akses masuk ke Kebun Raya Bogor)
· Rp30.000 untuk mobil

Jam Operasional:
· Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB

2. Taman Buah Mekarsari

Taman buah Mekarsari, images: YouTube

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi-Jonggol KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Tempat wisata lainnya yang juga banyak dikunjungi anak-anak adalah Taman Buah Mekarsari. Ini merupakan salah satu wisata ikonik yang sudah populer sejak beberapa tahun lalu. Di dalamnya, terdapat lebih dari 1.470 varietas tanaman buah.

Tempat ini sudah diresmikan sejak tahun 1995 dan masih aktif beroperasi hingga sekarang. Selain jadi tempat wisata keluarga, lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat menyilangkan berbagai varietas buah.

Tidak hanya wisata buah, kamu juga bisa menaiki Perahu Naga, naik Sepeda Air, memberi makan hewan, dan lain sebagainya. Perlu dicatat, tempat ini buka Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional saja.

Harga Tiket Masuk:
· Reguler: Rp50.000
· Petualangan: Rp64.00 – Rp92.000
· Wahana: Rp10.000 – Rp35.000

Jam operasional:
· Setiap hari, pukul 08.00 – 16.30 WIB

3. Kuntum Farm Field

Kuntum farm field

Lokasi: Jl. Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Bogor Timur, Kota Bogor.

Bisa juga memilih untuk memilih wisata anak Bogor di Kuntum Farm Field. Ini merupakan agrowisata yang menyediakan berbagai aktivitas seru terkait peternakan, pertanian, dan perkebunan. Anak-anak akan belajar tentang banyak hal tempat ini.

Kegiatan yang ditawarkan mulai dari memancing, belanja di Pasar Mini hasil panen, ikut kegiatan School Trip, berkuda, bercocok tanam langsung, memberi makan hewan ternak, sampai belajar budidaya tanaman hias.

Harga Tiket Masuk:
· Senin – Jumat, Rp45.000
· Sabtu – Minggu, Rp50.000

Jam Operasional:
· Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB

4. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampung wisata cinangneng, images: posmo

Lahir dan besar di kota, Si Kecil belum tentu mengenal kehidupan pedesaan. Di Kampoeng Wisata Cinangneng yang terletak di Ciampea, Bogor, Si Kecil dapat mempelajari berbagai keterampilan seperti bertani, beternak, menari, melukis caping, bermain angkung, hingga membuat jamu.

Tak hanya bisa mempelajari berbagai keterampilan serta mengenal kehidupan pedesaan, di objek wisata anak di Bogor satu ini anak juga dapat bermain permainan tradisional seperti egrang.

 

 

Walau memiliki berbagai program yang memperkenalkan kembali kehidupan pedesaan, bukan berarti Kampoeng Wisata Cinangneng tidak memiliki fasilitas pelengkap yang akan membuat kunjunganmu sekeluarga nyaman. Kamu dan Si Kecil dapat menikmati fasilitas-fasilitas seperti pemandian air panas, café, dan toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan menarik.

Harga Tiket Masuk:
· Mulai dari kisaran Rp20.000 per individu sampai Rp145.000 per orang dengan minimal kelompok berjumlah 20 orang

Jam Operasional:
· Setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WIB

5. Cimory Riverside

Cimory reverside, images: travelpromo

Destinasi wisata anak di Bogor lain yang dapat dikunjungi adalah Cimory Riverside. Di restoran yang terletak di pinggir Jalan Raya Puncak dan di tepi Sungai Ciliwung ini, kamu dan Si Kecil tak hanya bisa menyantap menu makanan lezat dan berbelanja produk yogurt buatan lokal tapi juga bersantai menikmati pemandangan alam.

Kamu dan si Kecil bisa berjalan menyusuri sungai, menikmati pemandangan hutan, dan bermain bersama sapi beraneka ragam ukuran. Terdapat pula Monster Aquarium yang memiliki 10 akuarium dan menampilkan koleksi ikan yang menarik. Ada fasilitas touch pool, di mana si Kecil dapat berinteraksi dengan satwa air favorit mereka.

Tak hanya itu, kamu dan Si Kecil juga dapat berjalan-jalan menikmati wahana 3D Trick-Eye terbesar di Puncak yakni Museum Lulu. Saat mengunjungi Museum Lulu, jangan sampai kelewatan berfoto karena banyak latar belakang seru yang dapat kamu temukan di destinasi wisata anak di Bogor satu ini.

Harga Tiket Masuk:
· Cimory Forest Walk, Rp15.000
· Monster Aquarium, Rp10.000
· Museum Lulu, Rp30.000 (di hari kerja) & Rp40.000 (di akhir pekan)

Jam Operasional:
· Setiap hari, pukul 08.00 – 22.00 WIB (Cimory Riverside)
· Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB (Museum Lulu)

6. Taman Safari Indonesia

Taman safari, images: Tiket.com

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Taman Safari Bogor menjadi salah satu wahana keluarga yang sangat populer di Bogor. Tempatnya padat merayap saat musim liburan tiba. Bukan tanpa alasan, tempat ini menyuguhkan beragam atraksi menarik dan wahana yang menggoda untuk dicoba.

Baik pagi atau malam, juga sama-sama memberikan suguhan wisata yang memesona. Safari Pagi dimulai pukul 08.30.17.30 WIB, sementara Safari Malam dimulai 19.00-23.00 WIB. Sajiannya berbeda, buah hati tak akan bosan meski seharian di sini.

Di sini ada juga namanya Safari Trek & Outbound yang diisi berbagai kegiatan seru. Mulai dari belajar tentang tanaman obat, jelajah Safari Poo Paper & Composting, lalu diakhiri dengan berbagai outbond yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk:
· Senin-Jumat, Rp170.000 (Anak-anak), Rp195.000 (Dewasa)
· Sabtu-Minggu, Rp210.000 (Anak-anak), Rp230.000 (Dewasa)
· Harga tiket sudah termasuk akses masuk ke Istana Panda Indonesia

Jam Operasional:
· Senin-Jumat, pukul 08.30 – 17.00 WIB
· Sabtu-Minggu, pukul 08.00 – 17.30 WIB

7. JungleFest

Jungle Fest, images: centil.city

Destinasi wisata anak di Bogor selanjutnya adalah JungleFest. Taman permainan dengan konsep unik ini menawarkan suasana asri di tengah Kota Bogor. Objek wisata anak di Bogor satu ini memiliki banyak wahana seru yang wajib dicoba, salah satunya adalah kincir raksasa Spectrum Wheel.

Ketika kamu dan Si Kecil memutuskan untuk berjalan-jalan malam di taman permainan ini, jangan sampai kelewatan melihat wahana Garden of Lights yang cantik dan wahana Dancing Fountain, sebuah air mancur yang dapat bergerak sesuai dengan irama lagu dan tata cahaya yang indah.

 

 

Harga Tiket Masuk:
· Senin – Jumat, Rp10.000
· Akhir Pekan, Rp15.000
· Hari Libur & Puncak Pekan Liburan, Rp25.000
· Wahana, Rp40.000 – Rp75.000

Jam Operasional:
· Sabtu – Minggu, pukul 13.00 – 21.00 WIB

8. Devoyage

Devoyage,images: traveloka

Lokasi: Jl. Bogor Nirwana Residence Jl. Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Tujuan utama mengajak anak-anak jalan ke tempat ini adalah mengenalkan berbagai landmark terkenal dari negara Eropa melalui miniaturnya. Seperti halnya Menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, Gondola ala kota Venesia, dan lain sebagainya.

Selain melihat berbagai landmark, kamu juga bisa mengajak buah hati untuk mencicipi berbagai menu kuliner khas Eropa. Mulai dari pizza, sandwich, salad, steak, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk ambil foto di photo booth yang telah disediakan.

9. Cimory Dairyland

Cimory Dairy Land

Lokasi: Kawasan Cipayung Girang, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Menawarkan konsep leisure park, Cimory Dairyland sangat cocok dikunjungi untuk wisata keluarga. Ada berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sini yang berhubungan dengan peternakan. Misalnya saja Camel Feeding, Rabbit Garden, Duck Pond, dan lain-lain.

Wahana yang ditawarkan juga beragam, ada Dairyland, Magic Village, Museum Lulu, Milk Museum, De Windmills, dan masih banyak lagi lainnya. Selain atraksi dan wahana, fasilitasnya juga lengkap. Mulai dari mushola, gazebo, toilet, restoran, dan lain sebagainya.

10. Water Joy Water Park

Water Joy water park, images: Traveloka

Lokasi: Jl. Harvest City Boulevard, Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Sementara jika buah hati gemar bermain air, Water Joy Waterpark bisa jadi lokasi yang tepat. Tempatnya memang tidak terlalu luas, namun wahannya sudah cukup untuk membuat suasana hati anak kembali ceria.

Beberapa wahana andalan di tempat ini adalah Seluncuran Spiral, Ember Tumpah, Gawang Air, Semburan Lumba Lumba, Jamur Air, dan juga areal taman. Fasilitasnya banyak, ada parkir, toilet, kamar ganti, mushola, sewa ban, sampai dengan gazebo.

Yuk ajak anak kalian liburan ketempat yang ramah anak dan cocok banget untuk kumpul keluarga.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *