Daftar Orang Terkaya di Dunia dengan Gaya Hidup Sederhana

by
ilustrasi uang (Sumber: vecteeezy)
ilustrasi uang (Sumber: vecteeezy)
banner 468x60

Mendapat label sebagai orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan mencapai triliunan rupiah, sudah sepatutnya memiliki rumah megah, mobil mewah, hingga jet pribadi adalah hal yang wajar. Namun jangan salah, tidak semua miliarder memilih hidup dikelilingi kemewahan dan bergelimang harta.

Ternyata banyak juga orang kaya di dunia yang memilih untuk tetap hidup sederhana meski memiliki banyak harta. Gaya sederhana dan apa adanya dari para miliarder ini sudah sepatutnya dicontoh.

 

Berikut adalah beberapa orang terkaya didunia yang memilih hidup sederhana

 

1. Elon Musk

Elon Musk, images sumber: Wikipedia

Salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk lebih memilih menjalani hidup sederhana. Padahal, berdasarkan data Forbes 2024, Elon Musk berada di peringkat teratas sebagai orang paling tajir di dunia. Bos Tesla dan SpaceX yang kini membeli Twitter ini tercatat memiliki total kekayaan bersih senilai USD 204,7 miliar atau sekitar Rp 3.172 triliun.

Meski begitu, Elon Musk dikabarkan telah menjual sebagian besar properti dan harta miliknya. Bos Twitter itu berkomitmen ingin menjalani hidup minimalis dan memilih tinggal di hunian sederhana.

Contohnya, di tahun 2022 tersiar kabar bahwa orang terkaya di dunia ini tinggal di sebuah rumah kontrakan kecil seharga USD 50.000 atau sekitar Rp 750 jutaan saja. Tentunya, harga rumah tersebut hanya bernilai 0,00003% dari jumlah kekayaan bersihnya. Rumah yang berlokasi di Texas itu diketahui benar-benar kecil, seperti sebuah boks, yang dibuat oleh startup bernama Boxabl.

 

2. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg, images sumber: Wikipedia

Sosok Mark Zuckerberg dikenal sebagai orang kaya yang memiliki gaya hidup sangat sederhana. Pemilik perusahaan teknologi jejaring sosial Facebook (Meta) ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan mencapai USD 141,2 miliar atau sekitar Rp 2.188 triliun, dan saat ini memiliki 15 persen saham di Facebook.

Meski harta kekayaannya bernilai sangat fantastis, tak lantas membuat CEO Facebook ini gemar menghamburkan hartanya untuk hal yang tidak penting. Zuckerberg tetap berprinsip pada kenyamanan, bukan kemewahan. Maka tak heran, dia kerap tampil santai mengenakan kaos abu-abu, celana jeans, dan sepatu kets yang mana menjadi gaya andalannya.

Selain itu, bos dan pendiri Facebook ini tak malu mengendarai mobil yang jauh dari kata mewah. Mobil tersebut adalah Honda Jazz, Acura TSX dan Volkswagen Golf GTI Mk6 yang harganya hanya berkisar Rp 300 jutaan.

 

3. Warren Buffett

Warren Buffet, images sumber: Wikipedia

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dikenal sebagai orang kaya yang memiliki gaya hidup sederhana. Ia merupakan salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes 2024 dengan total kekayaan mencapai USD 127.2 miliar atau sekitar Rp 1,971 triliun. Tak heran karena sebagian besar harta kekayaan Buffett diperoleh dari kepemilikan saham di Berkshire Hathaway sebesar 16 persen.

Hidup bergelimang harta, Warren Buffett justru berprinsip bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi oleh seberapa banyak uang yang dimilikinya. Uangnya justru banyak digunakan untuk investasi dan beramal, tak heran sosoknya dikenal sangat dermawan.

Padahal di level kekayaannya, Buffett bisa saja membeli banyak rumah dan mobil mewah. Namun sebaliknya, Buffett masih menempati rumah sederhana yang dia beli pada tahun 1958 di Omaha senilai USD 31.500. Dia juga diketahui tak pernah membawa telepon seluler (ponsel) ketika pergi dan tak punya komputer di meja kerjanya.

 

4. Bill Gates

Bill Gates, images sumber: Wikipedia

Tak seperti crazy rich kebanyakan yang kerap menghabiskan uang untuk berfoya-foya, Bill Gates justru memilih menjalani hidup sederhana dan gaya berpakaian apa adanya. Bill Gates menduduki peringkat keempat orang terkaya di dunia versi Forbes yang dikabarkan memiliki harta kekayaan mencapai USD 123,7 miliar atau setara dengan Rp 1.917 triliun.

Berpenampilan sederhana, Gates dikabarkan hanya memakai arloji seharga USD 10 atau sekitar Rp 155 ribuan dengan merek Casio. Padahal dengan uang yang dimilikinya, Gates bisa saja memborong seluruh arloji berharga ratusan bahkan jutaan dolar. Bahkan, bos Microsoft ini hanya menggunakan sebuah mobil lama bermerek Ford Focus.

Diberkahi harta melimpah, pendiri Microsoft ini justru lebih senang berhemat dan fokus pada kesenangan dirinya yang tidak berlebihan.

 

5. Carlos Slim Helu

Carlos slim Helu, images sumber: Wikipedia

Memiliki banyak harta tak membuat Carlos Slim Helu hidup dengan kemewahan. Salah satu orang terkaya di dunia menurut Forbes ini lebih memilih jalan hidup yang sederhana. Saat ini, pria keturunan Lebanon ini masih menjadi orang paling tajir di Meksiko.

Bos perusahaan raksasa telekomunikasi America Movil dan Telmex ini diketahui memiliki harta kekayaan bersih mencapai USD 101.2 miliar atau sekitar Rp 1,568 triliun. Meskipun begitu, Slim memilih untuk mengendarai sendiri mobil Mercedez Benz tua miliknya.

Bahkan diketahui, Slim masih tinggal di rumah sederhana dengan enam kamar tidur yang sudah ditinggali dirinya lebih dari 40 tahun. Ia pun tidak malu untuk membeli pakaian dari toko ritel dengan harga murah.

 

6. Jim Walton

Jim Walton, images sumber: Wikipedia

Anak bungsu dari Walton bersaudara ini mewarisi kekayaan supermarket terbesar di Amerika Serikat, yakni Walmart. Ayahnya, Sam Walton, menjadi sosok dibalik kesuksesan pendirian supermarket populer tersebut.

Kini, Jim Walton diperkirakan memiliki kekayaan bersih sekitar USD 68.6 triliun atau setara dengan Rp 1.063 triliun.

Kesederhanaan Jim Walton patut diacungi jempol dengan memutuskan untuk tinggal di sebuah rumah tua di Bentonville, Arkansas. Sifat berhemat dan sederhana tersebut diturunkan ayahnya dan terus berlanjut dalam dirinya.

 

7. Michael Bambang Hartono

Michael bambang hartono, images sumber: Wikipedia

Michael Bambang Hartono merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia yang dikenal sangat merakyat. Bos Djarum Group ini diketahui memiliki harta kekayaan sebesar USD 24,6 miliar atau setara dengan Rp 381.3 triliun.

Tak hanya menjadi bos Djarum, Michael Hartono melebarkan sayap bisnis ke beberapa industri. Mulai dari industri elektronik, properti dan perhotelan, e-commerce, bahkan Hartono bersaudara ini menjadi pemegang mayoritas saham BCA sebesar 51,15 persen.

Meski telah menjadi orang terkaya di Indonesia, Michael Hartono tetap dikenal sebagai sosok yang sederhana. Salah satu kesederhanaannya terungkap saat seorang netizen yang melihat dirinya sedang makan tahu pong di warung makan di daerah Semarang pada 2019 lalu.

Itulah beberapa informasi tentang orang terkaya didunia, yang menjalani hidupnya senyaman mungkin bukan semewah mungkin. Semoga dengan informasi diatas kita bisa memetik harapan hidup yang sebenarnya dengan hidup sederhana.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *